Latest Updates

Selendang biru

Burung Selendang biru
Burung selendang biru adalah tipe burung fighter yang kurang begitu banyak diminati oleh penggemar burung kicauan, padahal suaranya yang merdu dan mengalun sangat cocok untuk master burung kicauan seperti cucak hijau, dsb. meskipun bertipe burung petarung (fighter) tetapi burung ini kurang begitu atraktif dengan kata lain hanya mengikuti moodnya saja. Namun semenjak ramainya kontes - kontes burung dengan suara yang lebih bervariatif menjadikan burung ini semakin banyak diminati untuk dijadikan burung masteran. perawatannya yang mudah sama seperti perawatan burung sejenis  tledekan lainnya ( tledekan gunung dan tledekan laut ) .

Deskripsi
Berukuran agak besar (16cm). Berwarna biru muda (jantan) atau kecoklatan (betina). Jantan: Tubuh bagian atas biru pirus terang, kekang hitam, tenggorakan dan dada biru lebih muda, perut putih keabu-abuan, penutup ekor bawah putih. Betina : Tubuh bagian atas coklat abu-abu, ekor lebih coklat-merah bata, tubuh bagian bawah coklat keabu-abuan, lingkar mata dan kekang kuning coklat. Remaja : Coklat, berbintik hitam dan kuning kecoklatan.

Suara:
 
Nyanyian manis, nyaring, menurun, kemudian tiga nada terakhir menaik lagi. Juga suara parau (kadang-kadang) .


Penyebaran Global :
Himalaya sampai Cina selatan, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia dan Sunda Besar.

Habitat

Di Sumatera ditemukan di gunung-gunung ke selatan sampai G. Kerinci. Di Kalimantan dan Jawa tidak umum terdapat di hutan perbukitan antara ketinggian 500-1400m, secara lokal sampai ketinggian 200m di kalimantan. Di Bali tidak tercatat.

Kebiasaan

Tinggal di tajuk hutan primer , bersembunyi didalam rimbunan dedaunan atau semak belukar.

Video: