Latest Updates

Usaha Sampingan Bisnis Ternak Ikan Hias

Usaha Sampingan Bisnis Ternak Ikan Hias
Peluang bisnis ternak ikan hias cukup menjanjikan, semakin hari permintaan terhadap ikan hias ini makin meningkat. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya permintaan akan ikan hias terus meningkat. Hal ini merupakan peluang yang bagus untuk dijadikan usaha sampingan anda.


Jenis yang diternakan bisa bermacam-macam dari mulai ternak ikan cupang, ternak ikan koi, budidaya ikan arwana dan ikan hias lainnya. Setiap jenis ikan memiliki pangsa pasarnya masing-masing, anda bisa meneliti di pasar terdekat akan permintaan ikan hias di daerah anda. Untuk memulainya anda tinggal menyiapkan media kolam atau akuarium dan beberapa bibit ikan hias. Untuk memudahkan bisnis ternak ikan hias ini anda bisa membeli benih dan tinggal konsentrasikan energi anda untuk pembesaran ikan sampai bisa dijual ke konsumen.

Pemeliharaan ternak ikan hias dipengaruhi oleh kebersihan kolam dan pakan serta nutrisi ikan menentukan baik buruknya kualitas ikan yang kita hasilkan. Usahakan juga supaya air kolam atau akuarium diganti secara berkala untuk menghindari bakteri penyakit yang ada di dalam air supaya tidak menular kepada ikan hias yang kita pelihara. Kalau ikan hias sudah siap panen maka tinggal didistribusikan ke pelanggan. Untuk pemasaran yang mudah anda tinggal mendistribusikan ke toko ikan hias, atau bisa dengan alternatif lain dengan menjual keliling langsung ke konsumen. Semoga usaha ternak ikan anda berjalan dengan lancar.